Sprites
Buatlah dua buah Sprites dengan nama spr_wall dan spr_player, ubah ukuran spr_wall menjadi, Weight : 16 dan Height : 16. ubah juga ukuran spr_player menjadi, Width : 20 dan Height : 20.
Backgrounds
Buatlah sebuah backgrouds dengan nama tex_block atur ukurannya menjadi, Height : 128 dan Weight : 128.
Object
Buatlah tiga buah object dengan nama char, obi_wall dan p3d, jangan berikan terlebih dahulu event pada masing - masing object. pada object Char pilih sprite spr_player dan pada object obi_wall pilih spr_wall centang pada bagian solid sedangkan p3d tidak perlu di beri sprite dan pada depth ubah menjadi 100.
Event
A. Char
1. Pilih Add Event > Step > Execute Code. kemudian isi dengan script berikut ini :
Klik Ok.
2. Pilih Add Event > Collison > obi_wall > Execute Code, isi dengan script berikut lalu klik Ok :
vspeed=0
3. Pilih Add Event > Keyboard > left > Check Empty dan Jump To Position. lihat propertinya pada gambar dibwah :
4. Pilih Add Event > Keyboard > right > Check Empty dan Jump To Position. lakukan hal yang sama sperti di atas, akan tetapi ubah nilai X dari -4 menjadi 4.
5. Pilih Add Event > Keyboard > Up > Check Collison dan Check Vertical. ubah propertinya seperti gambar di bawah :
6. Pilih Add Event > Other > Outside Room > Display Message dan Jump To Start Posotion. Ubah isi message sesuka anda.
7. Pilih Add Event > Other > Room Start > Execute Code. isi dengan script berikut :
d3d_start();
d3d_start();
8. Pilih Add Event > Other > Room End > Execute Code. isi dengan script berikut :
d3d_end();
B. Obi_Wall
1. Pilih Add Event > Draw > Execute Code. isi dengan code berikut :
d3d_draw_block(x,y,32,x+16,y+16,-32,tex_block,1,4)
d3d_draw_block(x,y,32,x+16,y+16,-32,tex_block,1,4)
C. p3d
Room
Langkah terakhir adalah membuat room, buatlah room sesuai dengan kreasi anda masing - masing tetapi ingat anda harus meletakan objek p3d pada bagian atas pada room agar room tidak terbalik gambarnya.SemogaBermanfaat!^o
0 komentar:
Post a Comment